Dukung Kebijakan Pemerintah Melangkakan BBM!

Saya mendukung kebijakan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan dilanjutkan di kebijakan pemerintahan Joko Widodo yaitu kebijakan Melangkakan BBM.
Karena ini sebenarnya adalah Blessing In Disguise yang bisa membantu merubah Indonesia, kenapa? alasannya adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi polusi di udara
Dengan BBM yang langka maka pemilik kendaraan bermotor akan semakin kesulitan memperoleh bahan bakar bagi kendaraannya, bahkan lama - lama BBM di kendaraannya akan habis, apabila BBM di kendaraan habis maka orang akan 'dipaksa' memarkir kendaraannya di rumah, apabila jumlah kendaraan yang aktif berkurang drastis maka secara otomatis gas buangan kendaraan pun akan berkurang drastis, ini akan membantu mengurangi tingkat polusi di udara Indonesia yang pada 2009 menduduki peringkat ke 3 sebagai negara dengan tingkat pencemaran udara tertinggi di dunia. Welcome Fresh Air!

2. Mengurangi tingkat kecelakaan di jalanan
Apabila jumlah kendaraan yang aktif berkurang maka jalanan akan lengang, jumlah kendaraan bermotor akan minim berada di jalan. Minimnya jumlah kendaraan bermotor tentu mengurangi tingkat resiko terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor, entah itu serempetan, tabrakan, senggolan, sundulan, dll. Tentu ini akan sangat membantu karena tingkat keselamatan hidup masyarakat akan meningkat. Nggak akan lagi kita menghadapi kemacetan karena ada kecelakaan, nggak akan lagi kita melihat ada orang berantem dijalan karena senggolan. What A Peaceful Life!

3. Meningkatkan pola hidup sehat masyarakat
apabila kendaraan bermotor tidak ada yang bisa dinyalakan lagi karena kehabisan bahan bakar maka opsi yang bisa dipilih oleh masyarakat adalah berjalan kaki, berlari atau bersepeda, yaa meski kalau mau loncat-loncat atau terbang juga diperbolehkan sih kalau memang bisa. Dengan lebih sering beraktifitas dan bergerak tentu membuat saraf saraf motorik dalam tubuh manusia jadi lebih aktif, berkeringat juga mengeluarkan penyakit, dan lagi tidak ada udara kotor yang dihirup. Masyarakat akan hidup lebih sehat dan merasakan segarnya udara mengisi paru paru mereka. Belum lagi suhu udara juga akan menurun karena panas matahari tidak memendar kemana - mana akibat memantul pada kaca/body kendaraan bermotor. Hallo Healthy Lifestyle!

4. Masyarakat akan memiliki pola hidup sederhana
Kenapa? Jelas dong, masyarakat tidak akan memboroskan uangnya untuk hal yang tidak terlalu perlu seperti membeli mobil/motor ke2, 3, 4 dst. Mereka juga tidak akan keluar rumah jika tidak benar - benar penting atau perlu karena kalau rumah mereka jauh dari mana - mana akan sangat melelahkan apabila harus sering berpergian. Masyarakat bisa fokus mengembangkan dirinya di rumah, berinteraksi dengan tetangga, menghabiskan waktu dengan anak, istri ataupun pacar tanpa harus keluar ke tempat yang mahal. Bukankah Indonesia itu seperti itu? dibangun dengan kesederhanaan.

5. Menolong pak polisi
Dengan tidak adanya kendaraan bermotor di jalanan ini jelas akan sangat membantu pihak kepolisian. Maling cuma bisa kabur dengan cara lari atau sembunyi, kecelakaan di jalanan minim, kemacetan pun tidak ada, pelanggaran lalu lintas pun tidak terjadi sehingga Pak Polisi tidak perlu memakan uang dari hasil menilang orang, ini akan membuat perut mereka lebih kempis dan lebih gagah jadinya karena mereka akan hidup sesuai dengan apa yang diperoleh dari kantornya. Bisa jadi malah mereka akan lebih fokus dalam menegakkan keadilan dengan baik dan benar. Aye Aye Captain!

6. Perubahan dalam pemerintahan dan pola pikir ekonomi

Ini agak berat, tapi begini dengan BBM yang langka ini tentu akan membantu pemerintah berhemat dalam banyak sisi dan bisa mengalokasikan dana untuk bidang lain seperti kesehatan ataupun pendidikan. Pemerintah juga bisa fokus membangun fasilitas umum bagi masyarakat dengan sistem desentralisasi yang jelas, misalkan perkelurahan memiliki suatu badan keselamatan masyarakat sendiri (fasilitas damkar, dokter panggilan, dll), pendidikan pun dibuat merata dan sama antar 1 sekolah dengan sekolah lain jadi tidak perlu masyarakat menempuh jarak yang jauh untuk mengenyam pendidikan. Sistem desentralisasi akan sangat berkembang.
Pola pikir Ekonomi pun akan berubah, tidak lagi mengandalkan eksploitasi sumber daya alam, ekonomi kreatif akan berkembang dan pola pikir masyarakat akan berkembang untuk berkarya.
Pemerintah juga akan terpacu mengembangkan sumber energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan pasokan energi masyarakat khususnya listrik.
Btw, ini tentu akan membuat sakit kepala para mafia migas, mereka mau dapat uang dari mana? lha wong yang beli aja nggak ada :p menolong Pertamina juga kan?

Ini bukan tulisan satir untuk mengkritisi kebijakan pemerintah, ini adalah bentuk harapan agar pemerintah membuat kebijakan ini karena saya ingin Indonesia yang lebih baik, lebih sehat, lebih menghargai alam dan lebih positif. Tidak perlu selamanya cukup 1-2 tahun aja, saya yakin akan ada perubahan yang berarti bagi Indonesia. Saya menyukai kegiatan luar ruangan, saya menyukai udara segar, pepohonan yang rindang, udara yang sejuk, ketenangan dan keseimbangan alam ..

^^v

Komentar

Postingan Populer