EdCamp

Semua berawal dari Coursera, suatu hari di timeline saya ada sebuah twit menarik dari IDCoursera mengenai adanya ajakan kumpul dari beberapa orang yang tinggal di Surabaya. Finally! Sejak dulu ngetwit nanyain ada nggak yang tinggal di Surabaya dan nggak ada jawaban akhirnya ada juga Courserian yang tinggal di Surabaya dan ngadain MeetUp. Bahasannya Gamification, saya nggak ngambil kelas itu tapi ah biarlah yang penting saya bisa bertemu beberapa teman baru.

Di hari MeetUp saya bertemu Mbak Yuven seorang kepala sekolah, Mas Ficky salah satu founder dari sekolah awan, Mbak Shinta seorang guru, Mbak Iin seorang pemilik tempat les dan Mbak Laksmi yang merupakan orang yang memegang lisensi EdCamp untuk kawasan Indonesia. Oke setelah obrolan panjang mengenai banyak hal Mbak Laksmi mengingatkan kami untuk datang ke EdCamp di bulan Mei 2014. Saat itu saya masih belum punya gambaran mengenai EdCamp dan saya agak aneh aja bahwa seseorang diluar dunia pendidikan seperti saya kok diajakin gabung ke EdCamp.

Courtesy of EdCamp Utrecht


Tibalah di hari EdCamp 10 Mei 2014, saya menuju ke sebuah sekolah yang menjadi lokasi diadakannya EdCamp di Surabaya yaitu di Sekolah Basilea, saya masih ngeblank dan gak tau mau ngapain disana hahaha tapi Mbak Laksmi meminta saya untuk berbagi pengalaman mengikuti online course, okelah saya mungkin bisa berbagi itu. Di lokasi saya bertemu teman – teman baru, kebanyakan dari mereka adalah guru atau paling tidak berkecimpung di dunia yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan, termasuk diantaranya teman – teman Courserian yang waktu itu saya temui.

EdCamp sendiri ternyata adalah sebuah Participant-Driven Event, kegiatan utamanya adalah sharing tapi tema dari sharing ditentukan oleh peserta, saya sendiri saat itu memutuskan untuk sharing tentang MOOC dan mengikuti sharing tentang Studi Literasi yang dibawakan oleh Pak Wibowo salah seorang EdCampers dari perpustakaan kota Surabaya. Saya juga bertemu dengan teman teman yang berasal dari beberapa komunitas dengan kepedulian terhadap pendidikan seperti Inspiring Youth Educator,  Surabaya Menyala, Kelas Inspirasi, ITS Mengajar dll, dan konyolnya ternyata saya satu forum sepakbola dengan salah satu EdCampers dan baru sadar saat ketemu di forum tersebut hehehe, dunia memang sempit. 

Pendidikan adalah urusan kita semua, dan mendidik adalah kewajiban bagi siapapun yang terdidik, EdCamp adalah salah satu bentuk kegiatan positif dimana mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan atau memiliki kepedulian di bidang pendidikan bisa saling berbagi tentang banyak hal seperti misalnya manajemen kelas, teknik belajar, teknik mengajar, menciptakan situasi belajar yang menyenangkan dan hal – hal lain yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan secara gratis dan menyenangkan karena sifatnya diskusi terbuka jadi siapapun boleh ngomong tentang apapun asal terkait dengan pendidikan. By The Way, if you googled "EdCamp" you'll find that EdCamp is everywhere! around the globe!

Sebuah pengalaman berharga bagi saya yang baru menyadari bahwa saya memiliki minat terhadap dunia pendidikan, sayang sekali EdCamp ketiga di Surabaya yang diadakan hanya dalam selang waktu sekitar 3 minggu saya tidak bisa hadir. EdCamp berikutnya akan diadakan di Jakarta, silahkan cek infonya di twitter EdCamp Indonesia. Saya bermimpi, suatu hari saya datang ke EdCamp dan kemudian mengikuti Sharing dimana isi dari kelompok diskusi itu adalah sekelompok guru ‘killer’ dan yang memberikan materi adalah guru saya waktu SMA yang terkenal galak hehe .. hmm gimana kabar beliau ya? Apa kata beliau kira – kira jika tahu anak didiknya yang paling ngaco ini memiliki kepedulian terhdap pendidikan .. saya harap beliau bisa tersenyum senang.

EdCamp Surabaya, Indonesia: 10 Mei 2014

Komentar

Postingan Populer