Sound Of Movie : My Favourite Tunes & Composers

Ada banyak alasan orang menonton film, entah memang karena menggemari ceritanya, ngefans sama artis dan atau aktor yang berakting dalam film tersebut, atau alasan suka nonton film saja kadang sudah cukup. Saya pun demikian, 3 alasan itu yang menjadi alasna utama saya nonton film sampai pada suatu hari ada hal lain dari film yang mengusik sanubari saya. Musiknya.

Setiap scene dalam film selalu diiringi suara (selain percakapan antar tokoh atau narasi), kadang bentuknya full music, atau sekedar dentingan besi beradu dengan besi, dan itu adalah bagian integral dari film yang memainkan peran sentral dalam mengaduk emosi penontonnya. Dalam setiap momen selalu ada musik tersendiri yang mengiringi, saat marah, sedih, ketika tokohnya pacaran, nikah atau bahkan kematian. Musik - musik tersebut lazim disebut background music, theme song, ataupun music scoring (mungkin ada yang mau ngoreksi?).

Perkenalan saya dengan soundtrack kalau diingat - ingat jauh sebelum saya menyadari kesukaan saya pada theme song/background music/music scoring itu sendiri. 1 diantara beberapa lagu yang sudah ada sejak saya pertama kali memiliki mp3 player hingga sekarang adalah theme song dari film The Magnificent Seven yang kalau tidak salah pernah dipakai pula oleh salah satu merek rokok dalam iklannya.


Theme song ini adalah karya dari Elmer Bernstein yang juga membuat karya untuk beberapa film seperti The Great Escape dan Ghostbusters.

Membahas musik dalam film rasanya nggak afdol kalau nggak menyebutkan nama ini, John Williams yang karyanya pasti sangat familiar di telinga kita. Bagaimana tidak, dialah orang dibalik musik untuk film Superman dan Star Wars!



Saya pribadi sangat mengagumi karya dari Hans Zimmer yang sering saya pakai untuk membangkitkan mood atau sekedar menemani kegiatan sehari - hari. Karya - karyanya sangat mampu menyentuh emosi penikmat film. Komposisi karyanyalah yang menyemangati saya sebelum sidang skripsi.


Selain nama - nama diatas ada juga nama - nama seperti Harry-Gregson Williams, Ennio Morricone, Jerry Goldsmith, Michael Giacchino, dll.

Setelah menyebutkan para komposer terkenal Hollywood mari bergeser ke benua sendiri, karena saya sangat menyukai film asia khususnya yang berasal dari Jepang, lebih spesifiknya J-Drama dan Tokusatsu saya pun menyukai beberapa komposer Jepang diantaranya Taku Takahashi yang sangat techno (karena memang aslinya seorang DJ)


Dan juga Shuhei Naruse yang banyak menangani komposisi untuk serial Kamen Rider


Kalau Indonesia sendiri saya tidak memiliki favorit tapi bisa menyebutkan beberapa nama seperti Agha Narottama, Ramondo Gascaro, Tya Subiakto, dll.

Genre musik ini mungkin memang belum cukup banyak peminatnya, tapi kalau kamu memiliki selera yang sama share dong music scoring/background music/theme song favoritmu, lumayan buat nambah koleksi :D

Komentar

Postingan Populer