Is This The World We Created...?

Istanbul Turki, Bastille Day Prancis dan sekarang Munich Jerman .. Eropa sedang bergejolak sekarang, terorisme dimana - mana dan mereka seperti tidak punya clue bagaimana mengatasi hal ini. Nggak bisa disalahkan juga sih, serangan seperti ini selalu mendadak dan nggak terduga sebelumnya, seperti halnya bom bunuh diri di Thamrin, Jakarta beberapa saat lalu yang berujung munculnya banyak meme yang justru menunjukkan ketidaktakutan (atau kecuekan?) terhadap aksi - aksi tersebut.

Polanya pun selalu sama dari tahun ke tahun, apabila terjadi serangan teroris di negara besar kemudian ada 1 kelompok yang mendeklarasikan diri bertanggungjawab atas kejadian tersebut, kalau dulu Al Qaeda sekarang nongol ISIS nanti selanjutnya entah apa. Tujuannya apa? Secara teori terorisme bertujuan menebar ketakutan dan menyampaikan pesan ke pihak - pihak tertentu.

Carsten Bockstette berpendapat
"Terrorism is defined as political violence in an asymmetrical conflict that is designed to induce terror and psychic fear (sometimes indiscriminate) through the violent victimization and destruction of noncombatant targets (sometimes iconic symbols). Such acts are meant to send a message from an illicit clandestine organization. The purpose of terrorism is to exploit the media in order to achieve maximum attainable publicity as an amplifying force multiplier in order to influence the targeted audience(s) in order to reach short- and midterm political goals and/or desired long-term end states."

"Terorisme didefinisikan sebagai kekerasan politik dalam sebuah konflik asimetris yang didesain untuk menimbulkan teror dan ketakutan psikis (kadang kala tanpa pandang bulu) melalui tindak kekerasan dan penghancuran terhadap target yang tidak ikut berperang (terkadang orang/lokasi/event penting yang menjadi simbol). Kegiatan itu bertujuan mengirim pesan dari sebuah organisasi rahasia yang terlarang. Tujuan terorisme adalah untuk mengeksploitasi media dengan tujuan untuk mencapau atensi publik secara maksimum sebagai tambahan kekuatan yang lebih berefek dalam mempengaruhi target yang sebenarnya untuk mencapai tujuan jangka pendek dan menengah dan atau tujuan jangka panjang yang sudah ada sejak lama"

Apakah tujuan mereka tercapai? Efek destruktif mungkin iya, tapi efek rasa takut? kenapa yang saya lihat dan saya baca di media adalah bentuk paranoia, dan kemudian dengan entengnya beberapa pihak menyetirnya dengan menuding sebuah religi tertentu sebagai biang terorisme. Cuma karena (yang terekspose media) pelaku terorisme yang sering terlihat menggunakan simbol - simbol arabic bukan berarti mereka Islam kan? Di Arab pun juga ada kristen, ada katolik, ada prostetan, ada Yahudi dan juga ada agama - agama lain, tapi karena sudah terlanjur dicitrakan bahwa kalau berjenggot, jidatnya hitam, pake peci/kopiah, dan berbicara dalam bahasa arab/memiliki nama arab itu adalah Islam maka dengan entengnya mereka menyimpulkan hal tersebut. And this my friend is what we call BIGOTRY. And yes this one is also for you mr. candidate for POTUS from Republican.

Kenapa kok sepertinya terorisme ini terus terjadi? kalau memang tujuan mereka kekuasaan dan pengen menguasai seluruh dunia, wah saya yakin mereka nggak bakal selamat ngadepin 7 Miliar orang di bumi. Jumlah yang membenci mereka para teroris ini jauh lebih banyak dari para teroris itu sendiri. Lalu siapa sebenarnya yang harusnya takut? Ataukah memang sebenarnya Ketakutanlah sumber penyebab mereka melakukan teror? you know .. daripada ditakut-takutin mending nakut-nakutin duluan gitu..  kalau memang begitu apa penyebab ketakutan mereka? Bukankah ini sudah berlangsung sejak lama? Adakah propaganda yang membuat mereka bertindak seperti ini. Saya pribadi nggak percaya dengan teori konspirasi tapi saya percaya sama butterfly effect. There must be something small that make them do something like this.

Jika melihat pola perkembangan zaman mungkin ada pengaruhnya, kita sebagai manusia sudah berkembang sejak dari era dimana kita hidup bersama Dinosaurus sampai akhirnya sekarang kita hidup bersama Optimus Prime, Godzilla, dan Pokemon. Kita sudah melalui era dimana bangsa - bangsa saling perang cuma karena 1 alasan konyol, misal karena seorang pangeran sebuah negara yang ketahuan tidur bareng istri dari raja negara tetangga dan sekarang sedang memasuki era perang proxy dimana tujuannya adalah untuk menguasai sebuah sumber daya tanpa perang fisik, karena apa? Ketakutan .. para pelaku perang ini takut wilayahnya dicaplok, takut kehormatannya luluh lantah, takut bahwa mereka nggak bisa hidup kalau nggak memperoleh sumber daya yang mereka butuhkan .. minyak misalnya .. Our world political movement surely based on fear itself .. whatever it is feared to .. if we don't have fear why we still have soldiers? army? war machines?

Sementara di sisi lain dunia banyak juga ketakutan - ketakutan lain yang timbul karena sebuah hal, kelangkaan air, kemiskinan, kekurangan sumber daya makanan, munculnya penyakit baru, kartel narkotika, vaksin palsu, dan masih banyak lagi ..

and this early morning after read all the news i ..

Just think of all those hungry mouths we have to feed
Take a look at all the suffering we breed
So many lonely faces scattered all around
Searching for what they need.

Is this the world we created?
What did we do it for?
Is this the world we invaded?
Against the law
So it seems in the end
Is this what we're all living for today
The world that we created.

You know that everyday a helpless child is born
Who needs some loving care inside a happy home
Somewhere a wealthy man is sitting on his throne
Waiting for life to go by.

Is this the world we created? we made it on our own
Is this the world we devasted, right to the bone
If there's a God in the sky looking down
What can he think of what we've done
To the world that He created.

:(

Komentar

Postingan Populer